Kalimat Pembuka di Blog yang baik dan benar

hello world bagaimana kabar kalian semua para pemburu ilmu yang senantiasa belajar hingga anda masuk dan membaca postingan postingan di blog saya, kembali lagi dengan saya disini dengan keadaan sehat semua tanpa ada dalangan suatu apapun,disini saya akan sharing sedikit

yang saya dapat dari survei hari ini
Jujur aja ya, memulai kalimat pembuka di blog itu emang sulit. Udah nulis dikit, eh dihapus. Nulis lagi, dihapus lagi. Gitu aja terus... sampe Fir'aun bangkit dari kubur. Inilah hal yang bikin tulisan nggak kelar-kelar dan bikin males ngeblog. Ya beginilah.
Tapi di sini  saya  mau langsung to the point deh. Gue paling bosen, kalo setiap blogwalking, lalu menemukan kalimat-kalimat pembuka di blog yang mainstream, pasaran, basi, kedaluwarsa, monoton atau entah apa itu namanya.
Misalnya gini : Halo apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Wah, akhirnya gue bisa ngeblog lagi.
Jujur aja sih, dulu saya memang pernah. Tapi sekarang udah jarang. #BeraniJujur #BloggerTobat bwahahahahaha.
Sumpah, ini tuh rasanya basi banget. Kenapa sih, kalimat pembuka tuh terlalu banyak yang seperti itu? Kenapa harus terbiasa begitu? Yaudah,saya  tau. Maksudnya sebuah pembukaan dan biar basa-basi supaya nggak terkesan menuju inti dari tulisannya. Terus untuk lebih akrab lagi sama para pembaca. Tapi basa-basi inilah yang membuat kalimat pembuka di blog itu menjadi basi.
Ada lagi, Duh, sorry banget ya. Baru sempet update postingan lagi. Ya, gue akhir-akhir ini sibuk, dan baru bisa ngeblog lagi. Karena banyak tugas di sekolah atau kampus.

Iya gue tau, yang namanya pelajar sama mahasiswa tuh emang banyak tugas, terus kenapa dijadiin alasan baru bisa ngeblog? Gini deh, coba kamu berhenti kuliah dan berhenti sekolah. Rajin nggak ngeblognya? . Jadi, sorry ya kalo ada yang merasa saya omelin. 

saya nggak maksud ngomelin kok. saya cuma berbagi sebuah hal tentang blog menurut pendapat  saya aja. Emang sih pendapat dan tip  saya biasanya selalu sesat. Tapi, semoga kali ini... hmm...  saya mulai nggak yakin sih.. tapi ya, siapa tau ini beneran nggak sesat dan justru bermanfaat.
saya  mengerti, kalo nulis blog itu bebas. Tapi kenapa sih, harus selalu disertai dengan kalimat pembuka yang dipenuhi sebuah alasan baru update postingan lagi, baru sempet nulis lagi, baru sekarang, oh aku rasakan.. tak punya istri rasanya kesepian. *lah ini ngapa jadi nyanyi? -__-  

Sorry
Lanjut ke topik.
Setelah itu diberikan sebuah pembelaan-pembelaan yang membuat para pembaca bisa memaklumi. Kurikulum 2013 kejam, tugas kuliah banyak, kerjaan di kantor numpuk, sibuk skripsi, sibuk nyari pacar, sibuk pacaran......sama pacar orang. Ini tuh apa? Terlalu bosen gue ngebaca kalimat pembuka di blog semacam ini.
Terus terang aja sih, kalo mau ngebahas sesuatu. Carilah kalimat pembuka yang menarik.. Ya misal langsung mengarah ke sebuah cerita. Tapi tetap membuat pembaca bertanya-tanya. Dan membuat pembaca ingin membacanya sampai habis. Atau sebuah quote gitu. Atau diberi sebuah gambar. Pokoknya biar pembaca tertarik..
Hindari juga dengan kalimat yang ngomongin tentang alam. Apalagi matahari..
Matahari pagi ini begitu indah, cahayanya begitu menyilaukan, dan  membuat gue terbangun untuk menuliskan sesuatu di blog.
Halah. Matahari di bawa-bawa. Ya setiap hari matahari juga begitu. Apa indahnya? Kalo bisa dihindari ya. Nggak ada hubungannya juga tulisan kamu sama matahari pagi. Ya misalnya mau ngebahas tulisan yang menggambarkan sebuah keadaan pagi-pagi. Kenapa enggak mencoba dengan minum secangkir kopi? Atau minum teh? Atau minum susu.....janda.
Daripada bingung harus kayak gimana bikin kalimat pembuka di blog. Nih contohnya, tulisan gue yang . Nggak ada tuh kata-kata maaf baru update postingan. Walaupun gue jarang ngeblog dan posting.

Nggak percaya? Nih screenshot-nya..
Lagian, emang pembaca perduli dan kasihan gitu kalau kamu sibuk dan baru update? Yang ada, kamu dicap sebagai blogger murtad kalo kebanyakan alasan nggak ngeblog. Serius deh! Kalo kamu emang niatnya mau ngeblog ya ngeblog aja. Nggak perlu deh basa-basi di kalimat pembuka blog yang setiap ngeblog selalu minta maaf baru update karena sibuk. Ini bukan lebaran, minta maafnya nanti aja.
Ini contoh tulisan yang awalnya ada sebuah gambar dan quote menarik. dari blognya bang Oka,
Di kalimat yang gue kotakin merah itu sebuah quote kan? Nah, itu dia bisa bikin kalimat pembuka tanpa maaf baru update postingan. Dia jarang mosting tapi cuek aja, tuh?

Tapi kan dia penulis? Dia juga udah terkenal, Yog?
Nggak ngaruh kali gaes. Ngeblog ya ngeblog aja. Ngapain sih, harus pake kalimat pembuka yang mainstream? Jadi, sekarang udahan ya minta maafnya. Misal baru ngeblog lagi atau apalah alasan kutu kupret kamu di kalimat pembuka.
Atau bisa juga dibikin cerpen dulu gitu. Yang temanya tentang tulisan yang mau kamu bahas. Gue sering banget baca tulisan di blog Bang @shitlicious yang dimulai dengan sebuah cerpen antara Supri dan Ningsih. Jujur aja, cerpen kayak ginilah yang membuat pembaca terhanyut ketika membaca, dan bertanya-tanya, apa inti dari tulisannya.
Nih contoh tulisannya : 


Yaudah, sekarang gimana menurut kalian? Masih mau nulis yang diawali kalimat-kalimat pembuka yang katanya memang sudah terbiasa bagi para blogger? Itu mah untuk blogger yang males aja. Menurut gue, walaupun kamu blogger pemula, masih jarang mosting, tapi nggak ada salahnya menghindari kalimat pembuka yang basi itu? Setuju nggak?
Saran gue sih, sering-sering nulis, karena jam terbang kalian lah yang membuat tulisan kalian semakin bagus. Itulah hasil dari rutin nulis atau ngeblog. Ya misal seminggu sekali deh, nah nanti kalian nggak bingung lagi gimana nulis kalimat awal, terus juga banyakin baca.
 teerrima kaaasiihh

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
tips and trik
close