5 Penyebab Blog Sepi dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi pengunjung blog sepi

Penyebab Blog Sepi dan Cara Meningkatkan Pengunjung Blog - Mungkin diantara kita salah satu pemilik blog yang sepi pengunjung. Marilah kita cari tahu apa penyebabnya, hal ini merupakan tugas utama yang wajib kita selesaikan agar blog ramai dan traffik naik lagi. Jika suatu blog traffiknya tinggi dan stabil, apa yang kita inginkan bisa diatur dengan mudah. Earning adsense atau ads yg lain juga bisa jadi lancar. 

Pada dasarnya jika kita update artikel secara rutin setiap hari, trafiknya akan naik dan stabil akan tetapi kita tidak bisa memastikan kondisi tersebut. Ada kalanya update artikel rutin tiap hari tetapi blog masih saja sepi pengunjung. Ternyata ada beberapa penyebab kenapa blog sepi pengunjung, antara lain :

1. Umur blog masih baru
Penyebab blog sepi pengunjung biasanya karena umur blog masih baru. Hal ini logis karena blog yang masih baru belum mampu bersaing dengan blog dengan peringkat tinggi di mata google. Google belum percaya untuk menampilkan blog tersebut pada halaman terbaik SERP, sehingga pengunjung tidak menemukan blog itu pada halaman hasil pencarian.

Blog baru juga belum memiliki konten yang banyak. Kenapa konten harus banyak? Logikanya begini, kalau dalam sebuah blog hanya terdapat 10 artikel dan masing-masing artikel dibuka oleh 3 orang per hari, maka pengunjung blog itu hanya 30 orang per hari.  Sedangkan jika dalam blog terdapat 400 artikel atau lebih dan masing-masing artikel dicari / dibuka oleh 3 orang per hari maka pengunjungnya 400 x 3 = 1.200 pengunjung per hari. 

Cara mengatasi blog sepi pengunjung :
Sambil menunggu blog mapan dan dewasa, lakukan update artikel secara rutin. Buatlah artikel asli yang banyak di minati agar banyak di cari dan di kunjungi pengunjung.

2. Artikel tidak terindex google
Penyebab blog sepi pengunjung yang paling utama adalah artikel blog tidak terindex google. Sebagus apapun artikel yang dibuat kalau tidak terindex google, maka artikel tersebut tidak akan muncul pada halaman pencarian google. Cara mengatasi artikel tidak terindex, silahkan simakcara membuat artikel SEO dan cara agar artikel cepat terindex google.

Baca Juga :
3. Artikel kurang peminat
Penyebab blog sepi pengunjung adalah karena artikel yang dipublikasikan kurang peminatnya. Blog ibarat sebuah toko, sedangkan artikel adalah barang dagangannya. Jika toko menawarkan barang yang tidak ada peminatnya, maka toko itu akan sepi.

Cara mengatasinya :
Buatlah artikel yang disukai pengunjung dan banyak dicari. Cara melihat topik yang banyak dicari silahkan buka Google Trends.

4. Artikel tidak muncul di halaman pertama SERP
Faktor penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah artikel tidak muncul di halaman pertama halaman hasil pencarian. Blog yang sudah berumur, artikel sudah terindex dan banyak diminati tapi berada paling bawah di halaman hasil pencarian jelas akan menjadi penyebab blog sepi pengunjung karena pengunjung cenderung membuka artikel yang muncul pada halaman pertama SERP.

Cara mengatasinya :
Lakukan upaya optimasi SEO onpage dan harus menempatkan kata kuncidengan tepat pada artikel.
5. Kurang rekomendasi (backlink) berkualitas
Rekomendasi yang saya maksud adalah backlink dari situs perujuk, yaitu link dari blog lain yang mengarah ke home page atau ke artikel blog anda. Backlink ibarat rekomendasi, carilah backlink dari blog yang mempunyai reputasi tinggi. Contohnya kalau anda di rekomendasikan oleh Bupati atau artis (misalnya) untuk membeli sepatu di toko A, saya yakin anda langsung akan mengira sepatu di toko A berkualitas (padahal belum tentu). Begitu juga sebaliknya, kalau direkomendasikan oleh tetangga yang jarang belanja, apakah anda akan percaya?

Cara mengatasinya / solusi jitu agar blog menjadi ramai pengunjung:
Buatlah backlink berkualitas di blog-blog berperingkat tinggi yang aman bagi blog anda. Silahkan baca cara membuat backlink berkualitas.

Penyebab blog sepi pengunjung adalah:
Blog masih baru dan belum banyak konten yang dicari pengunjung Artikel belum terindex google sehingga tidak muncul di halaman hasil pencarianArtikel tidak muncul di halaman pertama google, akibatnya blog jarang ditemukan pengunjung, Artikel kurang dicari karena karena topik yang dibahas kurang diminati pengunjung, Tidak ada atau kurang backlink.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Tips Blogging
close