belajar python untuk mencari suatu bilangan prima

we are science of glory and save the world

 selamat malam teman science of glory
hari ini saya  akan share sedikit ilmu yang saya dapat setelah belajar python bersama mastahhhhhhh :D



 selamat membacaaaaaaaa yeahhhh :D:D
bilangan prima adalah bilangan yang habis dibagi dengan angka 1 dan dirinya sendiri.
Artinya bilangan tersebut jika dibagi dengan angka lain akan memiliki sisa (tidak sama dengan 0). Misalkan angka 7, angka tersebut akan habis dibagi dengan angka 1 dan 7.
Jika kita membaginya dengan angka 2, maka akan memiliki sisa 1 (bukan 0), jadi angka 7 termasuk bilangan prima.
Saya kira sobat semua sudah banyak yang mengetahui mengenai bilangan prima. Jika belum, silahkan sobat belajar tentang bilangan prima sebelum melanjutkan membaca postingan ini. Baik saya anggap sobat semua telah mengetahui apa yang dimaksud dengan bilangan prima. Kali ini saya masih menggunakan fungsi (function) untuk membuat rumus. Jika sobat belum memahami materi tentang function.
 Sobat bisa mengunjungi postingan saya yang ini : Membuat Fungsi di Bahasa Pemrograman Python Function di bawah ini adalah untuk menentukan bilangan yang dimasukkan oleh user bilangan prima atau bukan. def prime(x) : --> Membuat function bernama prime dan var x sebagai angka yg akan di input. prim = True --> Membuat var bernama prim if x > = 2 : --> Jika x yang diinput lebih besar dari 2, maka : for i in range(2, x) --> looping dengan nilai i adalah angka 2 sampai nilai (x-1) yang diinput. if x % i == 0 : --> Jika x yang diinput dibagi i sama dengan 0(tidak ada sisa), maka : prim = False --> nilai var prim adalah False else : --> Jika x yang diinput selain x >= 2 berati nilai x < 2, maka : prim = False --> Nilai var prim adalah False (karena x < 2 bukanlah nilai prima) return prim --> Mengembalikan nilai var prim asalnya yaitu True. Langsung saja sob lihat contoh di bawah ini : bahasa pemrograman python Contoh di atas adalah untuk mengecek suatu bilangan apakah bilangan tersebut termasuk bilangan prima atau bukan. Sobat bisa mencoba memasukkan bilangan yang lebih besar untuk membuktikan bahwa program tersebut memang valid atau tidak. Saya sendiri sudah mencoba dan hasilnya akurat.
Baik kita lanutkan ke masalah selanjutnya, jika kita ingin mencetak bilangan prima dengan range misalnya dari angka 1 sampai 100. Artinya sobat akan mencetak bilangan prima berapa saja yang ada di dalam range angka 1 sampai 100. Bagaimana cara membauat programnya ? Ini masih ada hubungannnya dengan program di atas. Jadi kita menggunakan function di atas untuk memecahkan masalah ini. Caranya adalah dengan menambahkan script ini di bawah script sebelumnya : for i in range(1, 100) --> Nilai i adalah angka 1 sampai 100. if prime(i) : --> Jika nilai i diinputkan ke function prime,maka : print i --> Mencetak nilai i (nilai i yang bernilai True pada funtion prime) Lihat contoh di bawah ini : bahasa pemrograman python Dalam program di atas akan mencetak nilai i (angka 1 sampai 100) dimana nilai i tersebut bernilai True pada function prime. Jadi angka yang bernilai False pada function prime tidak akan dicetak.
Mungkin sekian materi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat semua dan jangan lupa kasih komen di bawah untuk kritik, saran, dan pertanyaan mengenai materi yang belum paham.
Terimakasih :)
salam  science of glory
people power
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
python
close