Cara mengembalikan data website yang terhapus di server


kali ini kita akan membahas tentang Cara mengembalikan data website yang terhapus diserver. perlu diketahui, sejatinya data pribadi kita diserver adalah hal yang sangat rentan untuk berpotensi terhapus. sebagai seorang pemula, banyak sekali yang ingin di ketahui dari sebuah server, salah satu nya dalam mengoperasikan CPANEL. contoh saja kisah admin yang sedang menginstall sebuah thema di platform wordpress pada waktu itu thema tidak bisa terinstall karena besarnya resource yang dibutuhkan untuk spek thema yang admin install. dan akhirnya admin coba untuk mengecek Softaculous untuk mencari permasahannya.
tapi, ketika admin buka softaculous, ada 3 installasi wordpress, padahal wordpress yang admin install cuman 1, maka admin berinisiatif agar resource tidak terlalu banyak habis, maka admin hapus lah 2 installasi wordpress yang tidak dibutuhkan.

dan ternyata yang admin hapus adalah installasi yang asli/primernya. bukan kepalang bingungnya. nah !! berikut langkah-langkah yang admin lakukan:

  1. Cek Database/file backup
    Menu Backup berada di database, biasanya pihak hosting melampirkan backup bulanan atau mingguan.

  2. Cek Folder Trash/
    folder trash terletak di file manager. kemungkinan file yang terhapus akan tersimpan di folder trash, coba dicek dulu.



    1. Hubungi Pihak Hosting
      coba tanyakan pada pihak hosting, apakah ada backup bulanan atau mingguan untuk file atau database website kita.
    2. Cek di Email
      untuk backup berbentuk postingan, maka tinggal cari di email kita masing-masing, biasanya kita kan selalu subscribe email sendiri, untuk platform wordpress kebetulan admin mengaktifkan publish dari jetpack, jadi tinggal cari emailnya.
    3. Cek di google
      kebetulan cara terakhir ini berhasil mengembalikan data-datanya, setidaknya admin dapat full post admin di google, dengan cara ini admin berhasil mengembalikan postingan kembali, walaupun harus copy paste satu persatu.



    Silahkan Subscribe  dan Share jika menurut teman-teman artikel ini bermanfaat... :)
    Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
    Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
    Tambahkan Komentar
    Comment url
    Post Terkait :
    Hosting dan Domain
    close