Arduino sebagai platform populer masa depan

hai sobat sains kembali lagi di postingan ini,saya sebagai penulis mengucap salam keharmonisan dan kedamaian alam semesta,tak lupa juga kita selaku umat beragama mengucap salam dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,dengan penuh kepercayaan saya disini akan sharing tentang ARDUINO yang sangat digemari oleh semua kalangan IT ataupun science komputer dan lain lain,disini akan dibahas tuntas bagaimana prospek arduino di masa depan yuk silahkan baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa isi kolom komentar atau ikuti kami lewat email agar selalu mendapatkan pemberitahuan update dari kami.

lebih awal saya akan bahas pertanyaan dari kawan-kawan science of glory tentan arduino,mungkin asing sekali ya ok langsung saja deh kenalan sama pacarku ARDUINO :


yang pertama ini pertanyaan mendasar dari teman-teman adalah arduino itu apa ya?

Arduino adalah sebuah open-source prototyping platform yang didasarkan pada easy-to-use hardware and software. Secara perangkat keras Arduino adalah jenis suatu papan (board) yang berisi mikrokontroler atau dapat disebut sebagai sebuah papan mikrokontroler. Didalam board  ini sudah termasuk pin sebagai masukan dan keluaran baik yang bersifat digital maupun analog. Arduino berlandaskan open source pada perangkat keras -Open Source HardWare(OSHWdan perangkat lunak - Free and Open Source Software (F/OSS atau FOSS)Arduino memiliki harga yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang ditawarkan. Atau jika ingin membuat sendiri board Arduino berikut dengan source code-nya maka skematik dan firmware-nya tersedia secara gratis dan bebas di internet. Dengan Arduino kita dapat menghubungkan berbagai jenis sensor untuk membuat sebuah proyek yang sederhana sampai yang cukup kompleks. Saat ini Arduino sangat popular di lingkungan penggemar / hobi elektronika sebagai perangkat pengendali berbagai proyek termasuk robotik. Arduino telah memiliki komunitas serta forum yang luas di internet untuk membantu para pemula untuk belajar atau sekedar untuk mebagikan source code yang anda buat kepada semua pengguna Arduino di seluruh dunia.

setelah mengenal arduino itu apa selanjutnya adalah sejarah singkat kenapa dinamakan arduino?

Semuanya berawal di Ivrea, itally. Nama Arduino mungkin terdengar cukup berbeda dengan perangkat elektronik yang pernah ada selama ini, seperti LED (led emitting diode), atau resistor atau transistor bahkan mikrokontroler seperti AVR atau PIC atau yang lainnya. Pemilihan nama Arduino ini ternyata memiliki kaitan yang erat dengan sejarah perkembangannya. Salah satu pengembang inti Arduino adalah bernama Massimo Banzi yang juga merupakan pemberi nama dari Arduino tersebut. Ivrea merupakan sebuah kota di Italia Utara dan cukup terkenal dengan sejarah kerajaannya serta seorang raja yang pernah memerintah di negara bagian tersebut. Pada tahun 1002 Masehi, seorang raja bernama Arduin memerintah di negara tersebut. Yang 2 tahun kemudian keberadaannya digantikan oleh  raja Henry II dari jerman. Di kota Ivrea terdapat sebuah bar dengan nama “Bar Di Re Arduino” atau yang berarti ”Bar Raja Arduino” yang diambil dari nama raja “Arduin” dengan maksud untuk mengenang beliau. Bar ini kemudian merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh Massimo Banzi dan beberapa rekannya untuk bertemu, yang kemudian nama Arduino ia berikan ke perangkat yang ia kembangkan sebagai rasa hormatnya kepada tempat ini. wah keren sekali ya awalnya dari hal yang tak bisa dipikirkan sebelumnya oleh pemikira kita semua keren deh pokoknya.

setelah diberikan nama selantunya adalah siapa saja sih yang melahirkan dan yang berjasa dalam perkembangan arduino sampai sekarang?


Anggota inti dari tim pengembang Arduino, yakni antara lain : Massimo Banzi (kanan depan-tanpa kacamata), David Cuartielles (tengah), Tom Igoe (kanan belakang)kalian yang sering ngoding di IDE arduino pasti kenal dah dengan bang Tom yang sering nampak di kodingan examplenya ternyata keren ya orangnya, Gianluca Martino (kiri depan), dan David Mellis (kiri belakang).
Banzi merupakan seorang arsitek perangkat lunak yang direkrut oleh Interactive Design Institute Ivrea (IDII)sebagai profesor dalam rangka untuk mempromosikan cara-cara baru dalam melakukan desain interaktif atau dengan kata lain komputasi fisik. Meskipun ia memiliki ide yang baik namun memiliki waktu yang sangat terbatas ditambah lagi dengan anggaran yang terus berkurang. Seperti rekan-rekannya yang lain ia pun harus bergantung dengan BASIC Stamp, sebuah mikrokontroler yang dikembangkan oleh Parallax (sebuah perusahaan yang berada di California) untuk mengerjakan proyek-proyek miliknya. Sebagian mungkin pernah mendengar perusahaan Parallax dengan produknya seperti servo atau servo controller. Para Insinyur saat itu mungkin telah menggunakan BASIC Stamp hampir dalam kurung waktu satu dekade. BASIC Stamp di program dengan bahasa pemrogrman basic. Secara fisik BASIC Stamp merupakan sebuah papan sirkuit yang dikemas secara rapi dengan beberapa kelangkapan seperti power supply, microcontroller, memory, dan port input/output yang dapat digunakan untuk  antarmuka ke perangkat luar.

ok jika sudah paham semua asal muasa arduino sekarang kita langjut ke prospek arduino dalam perkembangan teknologi keren dan canggih sekarang maupun di masa depan,Kemudahan penggunaan Arduino dengan konsep DIY bagi pemula yang bahkan tidak mengetahui tentang elektronika dan pemrograman, serta harga Arduino yang murah menjadi kunci ketertarikan Igoe terhadap Arduino,itu alasannya banyak sekali penggiat DIY yang sangat suka menggunakan arduino dalam project-project nya.


Referensi :

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
arduino
close